Percepatan Masa Resolve dengan Temporary Domain

Percepatan Masa Resolve dengan Temporary Domain

Tahukah Anda jika Anda bisa saja beli hosting tanpa domain. Website Anda pun tetap bisa dibuka dengan nama domain sementara, setidaknya di computer Anda. Caranya yaitu menggunakan teknik “Temporary Domain”.
Teknik ini bekerja dengan mengakali browser agar tidak perlu lookup dulu ke server DNS untuk mencari informasi alamat IP server, melainkan memaksa mereka agar membaca informasi ini dari DNS lokal yang terletak pada PC Anda.
Temporary Domain sangat bermanfaat bagi Anda yang sekedar ingin melihat- lihat hasil unggahan website Anda di server hosting, sebelum meluncurkannya ke public. Atau bagi Anda yang masih ragu dengan pilihan nama domain Anda. Penasaran seperti apa langka-langkahnya? Mari kita simak di sini.

1. Silakan beli paket hosting (tanpa domain) pada provider kepercayaan Anda, kemudian selesaikan administrasinya hingga hosting Anda aktif.

2. Jika hosting Anda telah aktif, di email inbox Anda akan mendapat informasi akun hosting. Di dalamnya berisi : alamat IP server, username, dan password control panel server. Simpan informasi ini dengan baik.

3. Silakan mulai mengunggah file-file website Anda ke server hosting melalui control panel. Karena Anda belum membeli domain, maka control panel Anda bsa dibuka dengan alamat IP. Contohnya:
http://219.83.122.166/cpanel

4. Sekarang proses upload selesai, sekarang saatnya kita konfigurasi “Temporary Domain” di PC Anda. Jika Anda pengguna Windows (selain Windows 7), silakan buka Windows Explorer Anda. Kemudian silakan masuk ke direktori “C:WINDOWSsystem32driversetc” seperti yang tertera di gambar.

gambar1-driver-etc 5. Buka file “hosts” dengan program notepad seperti pada Gambar. Nah, file “hosts” inilah yang di awal tadi disebut dengan DNS lokal yang di dalamnya ingin Anda sisipkan informasi alamat IP server Anda.

gb2-open-notepad6. Kemudian silakan tambahkan isian dengan format seperti gambar. Yaitu : Alamat IP (spasi) Nama Domain. Untuk Alamat IP, silakan tulis alamat IP server hosting Anda. Alamat ini bisa didapatkan di email aktivasi server hosting. Sedangkan nama domain, silakan tulis nama domain temporary Anda. Kemudian simpan.

gb3-hosts
7. contohnya nanti seperti ini: 219.83.122.166 jagoanhosting.com. artinya, setiap kali Anda membuka jagoanhosting.com di browser, secara otomatis browser akan mengarahkan nama jagoanhosting.com ke alamat 219.83.122.166 tanpa harus lookup dulu di DNS server.

8. Bagi pengguna Windows 7 atau Vista, cara di langkah 4 dilakukan dengan agak berbeda. Pertama, Anda harus klik Start Menu dulu dan Search program  Notepad. Di sini, klik kanan pada Notepad yang muncul, kemudian pilih opsi Run As Administrator.

9. Kemudian buka direktori “C:WINDOWSsystem32driversetc”. Klik “View All” seperti gambar hingga file hosts tampil.

10. Silakan tambahkan record seperti langkah 6 dan 7. Kemudian simpan. Jika Anda terkendala dalam menyimpan, silakan matikan dulu antivirus Anda untuk sementara waktu.

11. Lalu, bagaimana jikas saya menggunakan Linux? Caranya hampir sama. Namun, di samping menggunakan Notepad, Anda bisa edit file hosts dengan Terminal Linux Anda. Caranya, pertama buka dulu terminal Anda, kemudian ketik perintah: nano/etc/hosts.

12. Tambahkan record seperti langkah 6 dan 7. Jika sudah, silakan tekan Ctrl+X, kemudain tekan Y untuk Save.
Selesai. Baik Windows / Windows 7 / Linux, silakan periksa apakah setting Anda sudah benar dengan membuka browser, kemudian akses nama domain sementara Anda, jika server Anda berhasil dibuka dengan nama domainsementara, maka setting Anda sudah benar. Cara ini hanya bersifat sementara. Perlu diperhatikan “Temporary Domain” hanya mengubah tingkah laku pada PC Anda saja. Agar website Anda bisa dibuka secara luas, Anda tetap harus membeli domain seperti biasanya.

Temporary Domain bisa juga dimanfaatkan bagi Anda yang ingin mempercepat waktu resolve. Yakni mas tunggu 12×24 jam yang mungkin muncul ketika Anda baru saja membeli domain dan hosting baru. Pada masa resolve ini, domain dan hosting Anda sudah aktif, namun tidak bisa langsung dibuka, melainkan provider koneksi internet Anda membutuhkan waktu hingga masa propagasi selesai. Semoga bermanfaat.

Share

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Pembuatan web, Website desain, Jasa pembuatan website